Sunday, January 20, 2013

Lomba Cerpen 2013 Menyambut Milad RA Kartini



Lomba Menulis Cerpen; Menyambut Milad RA Kartini 

Dalam menyambut peringatan milad RA Kartini 21 April 2013, penting kiranya bagi guru untuk meneruskan dan mengembangkan perjuangan beliau dengan menulis karya kreatif berupa cerita pendek bermuatan kritik sosial. Cerpen akan diseleksi dan dijadikan antologi bersama.
Selain posisi guru yang strategis dalam dunia pendidikan (untuk sosialisasi pengetahuan dan nilai-nilai), undangan menulis cerpen ini dibuat dengan alasan mulai bangkitnya kembali talenta para guru dalam dunia tulis-menulis. Cerpen dipandang medium kreativitas yang strategis dan luwes.
Cerpen-cerpen tersebut bukan hanya perjuangan perempuan demi kesetaraan gender, melainkan juga hak domestik dan hak-hak sosial, politik, pendidikan, budaya, dan seterusnya bagi kaum perempuan.
Konflik-konflik ideologis, filosofis, dan praksis yang dialami perempuan—ketika dihadapkan pada norma-norma dan nilai kultural wanita ‘Timur’—bisa dileburkan di dalam cerpen. Dengan demikian, inilah medan perjuangan para guru lewat cerpen.
TEMA:
“Perjuangan perempuan demi kesetaraan gender, hak domestik, dan hak-hak sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya.”
PESERTA:
Guru
WAKTU PELAKSANAAN:
7 Januari—21 Februari 2013
ALAMAT MENGIRIM:
Naskah dalam bentuk attachment (soft copy) dikirim keblingualsite@yahoo.co.id dengan title JUDUL CERPEN-Nama Penulis.
PENGUMUMAN PEMENANG:
Pengumuman pemenang akan disampaikan di grup Gerakan Guru Menulis Buku (G2MB) pada 1 Maret 2013.
KETENTUAN-KETENTUAN
Peserta adalah guru negeri dan swasta tanpa memandang gender (dibuktikan dengan fotokopi identitas diri yang sah dan meyakinkan).
Peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) naskah cerpen terbaiknya.
Temanya: Perjuangan perempuan demi kesetaraan gender, hak domestik, dan hak-hak sosial, politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya.
Naskah cerpen bermuatan eksperimentasi, eksplorasi, dan inovasi yang unik, baik visi maupun teknik penyajian.
Naskah cerpen merupakan karya sendiri, bukan saduran, terjemahan, atau plagiat.
Naskah cerpen belum pernah dipublikasikan di media massa cetak dan atau elektronik, dan tidak sedang diikutkan dalam lomba/sayembara lain.
Naskah cerpen diketik menggunakan huruf Time News Roman, 12 pt, spasi 1.5, dengan panjang maksimum antara 8.000-15.000 karakter atau 4-8 halaman.
Biodata penulis dilampirkan pada halaman terakhir naskah, dan tidak lebih dari satu halaman—yang meliputi: Data diri, foto profil, data keorganisasian (relevan), data kepengarangan (relevan), data penghargaan (relevan), dan alamat (korespondensi dan email, no. telepon seluler). Sertakan pula scan (pindai) identitas diri.
Naskah cerpen dikirim paling lambat 21 Februari 2013, pukul 23.59 WIB.Setelah Anda mengirimkan naskah, dimohon sms atau menghubungi lewat HP sekreatriat.
Naskah cerpen yang dikirim menjadi milik panitia;
Dewan juri akan memilih 21 naskah terbaik (jawara I, II, III, dan 18 nominie),
Keputusan Dewan Juri (empat orang) bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
Setiap penulis yang naskahnya dibukukan mendapatkan royalty dari penjualan buku (atau dari penerbit) dibagi jumlah penulis.
SEKRETARIAT 
Rumah Kreatif BILINGUALSITE
Jln. Granit Kumala 4.2 No. 37-39 Perumnas Kota Baru Driyorejo
Gresik 61177
Telpon. +62-85852574070
Email: bilingualsite@yahoo.co.id
Sumber: gurumuda.info 


Info Lomba Menulis yang lain silakan pilih dan klik, semoga bermanfaat:

Lomba 2013 menulis novel berhadiah 5 juta